Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Self Hosted yang Perlu Anda Ketahui
Sebelumnya, anda sudah mengetahui mengenai apa saja keunggulan serta kekurangan blog berplatform blogspot, kali ini saya akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan wordpres self hosted yang tentunya memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing. Wordpress adalah platform blog yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan juga basis data MySQL. Meski terbilang baru, namun platform yang dikembangkan oleh Wordpress Foundation ini semakin berkembang pesat hingga kini.
Sabar OM masih Loading...
Orang sabar disayang janda :-)
Wordpress kini bukan sekedar blog biasa, tetapi juga dapat digunakan sebagai CMS (Content Management System) kerena memiliki kemampuan untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Maka dari itu, kita mengenal ada dua jenis Wordpress, wordpress.com dan juga wordpress.org (CMS Wordpress/self hosting). Jika wordpress.com bisa anda gunakan secara gratis, berbeda dengan jenis satunya yang mengharuskan anda untuk membeli hosting terlebih dahulu.

Sama seperti blogspot, wordpress juga memiliki sisi positif dan negatif yang bisa dirasakan oleh penggunanya. Berikut ini beberapa kelebihan dan juga kekurangan menggunakan blog wordpress self hosting

Kelebihan dan Kekurangan Wordpress Self Hosted

1. Kelebihan

Terlihat Lebih Profesional
Dari fitur, platform yang satu ini jauh lebih lengkap dari blogspot. Mulai dari fitur dashboard, tema/template, dan lain sebagainya. Wordpress self hosting memiliki kualitas tampilan yang jauh lebih wah sehingga membuat banyak Bloger ingin menggunakannya. Bahkan, situs-situs besar rata-rata menggunakan platform cms wordpress ketimbang menggunakan blogspot.com atau wordpress.com. Bahkan wordpress self hosting dianggap lebih sempurna asal pengguna benar-benar paham menggunakannya.

Tidak Terikat Aturan Google
Kekurangan wordpress selanjutnya tidak terikat aturan google. Anda memiliki kontrol penuh untuk akses ke website tersebut. Anda mempunyai kebebasan dalam menggunakannya, apakah mau digunakan untuk hal baik atau tidak semua bebas sesuai pilihan anda. Jarang sekali kita melihat situs CMS wordpress yang dibanned atau di delete oleh pihak Google. Namun meski begitu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatikanya memiliki hak untuk memblokir website baik itu blogspot maupun wordpress.

Lebih Leluasa Dalam Mengatur Website
Dengan segudang fitur yang begitu lengkap, membuat pengguna wordpress self hosted lebih leluasa dalam mengatur website mereka. Mulai dari memasang atau mengedit tema, mengatur widget, memasang plugin, menulis artikel, dan sebagainya. Bahkan anda tidak hanya sekedar bisa menjadikan situs tersebut sebagai web pribadi saja, tetapi juga bisa jadi website company profile, toko online, dan masih banyak lagi. Hal inilah juga yang membuat website anda terlihat lebih profesional.

Memiliki Plugin SEO
Kelebihan CMS wordpress yang selanjutnya yaitu adanya plugin SEO yang bisa anda install dan gunakan. Apa pentingnya plugin SEO ini? Tentu sangat berguna. Bila anda ingin SEO On Page situs anda menjadi optimal, maka disarankan untuk memakai plugin tersebut. Hal ini tentunya dapat memudahkan sebuah situs menduduki peringkat terbaik di mesin pencari.

2. Kekurangan

Cukup Sulit Bagi Pemula
Harus diakui, salah satu kekurangan CMS wordpress adalah sulit untuk dipahami untuk seorang pemula. Apabila bagi mereka yang baru terjun di dunia blogging. Karena kesulitan itulah, banyak bloger pemula yang lebih dulu menggunakan platform blogspot karena dianggap lebih mudah digunakan.

Ada Celah Keamanan
Jika dibandingkan dengan blogspot yang langsung di hosting oleh google, wordpress memiliki kelemahan yaitu pada celah keamanan. Memang ada cara yang bisa dilakukan untuk menangkal hal tersebut, tetapi tetap saja platform ini tetap ada celah tersendiri yang membuat seorang hacker mudah untuk membobolnya.

Butuh Biaya yang Mahal
Untuk membuat website yang profesional, memang dibutuhkan modal yang juga sangat besar. Tetapi budget yang harus dikeluarkan dianggap terlalu memberatkan. Walaupun kita bisa mendapatkan harga murah ketika promo, tetapi tetap saja harga perpanjangannya pasti tetap mahal. Biaya tersebut menyangkut hosting dan juga domain

Server Sering Down atau Bermasalah
Satu hal lagi kelemahan wordpress yang membuat penggunanya kesal, yaitu masalah server yang sering bermasalah. Hal ini membuat website tidak bisa untuk diakses. Tentu hal ini membuat kita merasa rugi, sudah beli hosting dan domain mahal-mahal, tetapi servernya bermasalah. Solusinya, jangan beli hosting yang sering mengalami masalah.

Itulah beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan wordpress self hosted, hal tersebut bisa jadi pertimbangan anda apakah akan menggunakan platform tersebut ataukah tidak.
CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)