´╗┐Apa Itu Bootstrap? Berikut ini Penjelasan dan Kelebihan dari Bootstrap
Tahukah anda apa itu bootstrap? Mungkin bagi orang awam istilah ini masih terdengar asing di telinga sebagian Bloger. Padahal bootstrap mempunyai banyak sekali kegunaan, terutama dalam hal desain website. bootstrap merupakan suatu frame work dengan fitur yang lengkap dan dapat mengembangkan website dengan lebih cepat.
Tahukah anda tentang Twitter? Benar sekali, website jejaring sosial yang satu ini ternyata dahulunya dibangun menggunakan frame work tersebut. Mark Otto dan Jacob Thornton adalah dua orang pertama dari Twitter yang menjadi pengembang bootstrap.
Membuat template website dari 0 terkadang membuat anda merasa kesulitan. Apalagi jika anda kurang handal dalam hal coding dan masalah design. Karena itulah diperlukan bantuan untuk bisa mempermudah pembuatan template tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan bootstrap, yang jika diibaratkan merupakan kerangka suatu template.

Penjelasan Booststrap dan Kelebihannya

Baik itu HTML, CSS ataupun javascript semua telah terpasang didalam framework tersebut. Bahkan fitur-fitur pendukung seperti dropdown, button, tabel, navigasi juga tersedia dan siap pakai untuk digunakan dan juga dikembangkan. Adapun beberapa kelebihan dari bootstrap yang harus anda ketahui :

1. Tampilannya Responsive

Maksud dari kata responsive disini adalah template yang dapat menyesuaikan ukuran saat di buka melalui smartphone manapun Nah pada bootstrap, anda bisa merancang dan mendesain website sendiri tentunya dengan tampilan yang sangat responsif. Itulah salah satu dari kelebihan bootstrap

2. Lebih Rapi

Dalam membuat struktur website, terkadang seorang programmer sering melakukan kesalahan dengan menempatkan kode-kode di tempat yang salah sehingga membuat tampilan menjadi kurang rapi dan tidak enak dilihat. Berbeda dengan bootstrap yang sudah terlihat rapi dan struktur, namun masih bisa dimodifikasi lagi dengan cara merubah bagian CSS.

3. Pembuatan Menjadi Lebih Cepat

Ibarat membangun sebuah gedung, kerangka dan pondasinya sudah siap dan anda tinggal meneruskannya. Pada bootstrap telah terpasang elemen-elemen yang sudah dibuat classnya. Jadi, anda tinggal memanggilnya di dalam theme.

4. Dokumentasi yang Lengkap

Tidak tau apa itu bootstrap? Kebingungan dalam menggunakannya? Tak perlu khawatir, dalam bootstrap telah tersedia dokumentasi lengkap yang bermanfaat bagi siapa pun yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan frame work yang satu ini. Hal inilah yang membuat bootstrap lebih mudah untuk digunakan.

5. Gratis

Untuk bisa menggunakan fitur bootstrap anda tidak perlu mengeluarkan uang apapun. Anda tinggal memakainya saja secara gratis.

6. Membuat Website Lebih Power Full

Pada bagian bootstrap sudah dilengkapi dengan library javascript yang tentunya sudah sesuai dengan struktur dasar dari sebuah javascript. Library javascript tersebut menjadi pelengkap dari framework tersebut yang membuat desain dan tampilan website menjadi lebih powerfull.

Untuk memulai memakainya, anda bisa mendownload terlebih dahulu filenya di situs getbootstrap.com lalu aturlah sesuai keinginan anda. Buat tampilan website menjadi profesional dengan menggunakan bootstrap.

Demikian penjelasan apa itu bootstrap dan juga keunggulannya, semoga informasi ini bermanfaat bagi semua.